“Komputer Idamanku”

Assalamualaikum semua!!
Pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan bagaimana komputer idaman saya. Telah kita ketahui bahwa teknologi semakin berkembang, semakin canggih. Contahnya adalah komputer, komputer hadir dengan tujuan untuk mempermudah dan mengefesienkan pekerjaan manusia. Komputer hari ini menjadi alat yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan, bahkan pelajar dan mahasiswa minimal mempunyai untuk melakukan tugas-tugasnya. Dan saya juga termasuk orang yang sangat membutuhkan komputer untuk membantu semua keperluan saya, oleh karena itu saya ingin merakit komputer sesuai dengan kebutuhan bahkan kemauan saya. Apalagi sekarang komputer bukan hanya dipakai untuk bekerja saja, komputer sudah bisa dipakai bermain game. Yaaa minimalnya setelah kita bekerja tidak terlalu suntuk karena dilanjut dengan main game.

Pada kali ini saya akan merakit komputer dengan mendapat sumber dari rakitan.com

  • Processor

            Prosesor adalah salah satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer, tanpa alat satu ini komputer tidak akan jalan alias tidak akan berguna karena prosesor adalah otak komputer,

            Disini saya memilih untuk menggunakan Intel Core i9-9900K. Harga pada rakitan.com berada pada kisaran Rp. 9.370.000,- Intel Core i9-9900K merupakan seri tertinggi dari Desktop CPU Intel 9th gen, dimana ia membawa kekuatan 8 Core dan 16 thread, dengan nilai clockspeed bisa mencapai 5.0Ghz untuk single core,dan  4.7Ghz untuk semua core. seri ini bisa memberikan nilai clockspeed yang besar untuk memboosting performa, disisi lain kehadiran jumlah core yang “banyak” akan memberikan arti tersendiri bagi para content creator. Intel menyatakan bahwa seri Core i9-9900K merupakan salah satu prosesor tercepat tahun ini.

 gambar : www.gearinstock.com

Dengan menggunakan prosesor ini saya ingin aktivitas penggunaan komputer saya tidak terhambat. Dengan harga 9 jutaan jika dilihat spesifikasiny akan menjamin keunggulan yang dimilikinya.

  • Motherboard

Motherboard atau yang biasa disebut juga dengan mainboard merupakan sebuah papan sirkuit utama yang menghubungkan berbagai komponen elektronik pada komputer, karena pada motherboardlah perangkat keras komputer disatukan seperti Processor, RAM, Hard Disk, DVD Drive, Sound Card, Video Card, LAN Card, WiFi dan masih banyak lagi. (satbud.com)

Disini saya meimilih menggunakan Asus ROG Maximus XI Extreme (Z390) Intel Socket 1151. Dengan kisaran harga berada pada RP. 8.290.000,- Asus ROG Maximus XI Extreme (Z390) Intel Socket 1151 ini Sangat mudah dan sederhana untuk menginstal untuk pengguna yang berpengalaman. Desain sangat solid, LED berwarna dan cerah, Pembaca Kode Kesalahan dekat CPU sangat berguna dalam pengaturan baru, juga berfungsi sebagai pengukur suhu CPU, Sejumlah besar port USB baik di luar maupun di dalam. Sangat berguna untuk bangunan ekstrim, m.2 Riser sangat keren dan bermanfaat, Bios lanjutan yang ramah pengguna.

Gambar : www.newegg.com

  • VGA Card

VGA Card kepanjangan dari Video Graphic  Accelerator merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer yang fungsinya adalah sebagai kartu grafis komputer yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.(dimensidata.com)

VGA card yang saya pilih adalah MSI RTX 2080 Ti 11GB DDR6 – Ventus OC (MSVGANVD0036X) NVidia PCI Exp. Dengan kisaran harga Rp. 20.681.000,-

Gambar : www.msi.com

  • RAM

RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).(pengertianku.com)

RAM yang saya pilih adalah G.SKILL TridentZ PC27700 64GB (4x16GB) F4-3466C16Q-64GTZ DDR4 dengan kisaran harga RP. 13.100.000. RAM yang satu ini memiliki komponen dengan kualitas tinggi Tipe Memori DDR4, Kapasitas 64GB (16GBx4), Kit Multi-Saluran Kit Saluran Ganda / Quad, Diuji Kecepatan 3466MHz, Diuji Latensi 16-18-18-38-2N, Tegangan yang Diuji 1.35v,SPD Kecepatan 2133MHz, Tegangan SPD 1.20v, Tinggi 44 mm / 1,73 inci, Fitur Intel XMP 2.0 (Extreme Memory Profile).

Gambar : www.gskill.com

  • Hard disk drive

Hard disk drive sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hard disk yang saya pilih adalah WDC SATA III Gold 8 TB 64Mb. Rp. 5.664.000,- Keunggulan yang dimiliki WD Gold antara lain memiliki MTBF 2,5 juta jam dan diklaim mampu mengurangi TCO (Total Cost of Ownership / Total biaya kepemilikan) server dan sistem penyimpanan, memberikan manfaat untuk administrator IT yang menghadapi tantangan dari kebutuhan penyimpanan yang semakin besar dengan anggaran terbatas.

Gambar : Amazon.com

  • Monitor

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.(Wikipedia)

Monitor yang saya pilih adalah monitor LED Samsung 34 Inch LC34J791 Curved QLED Size 34 Inch. Dengan kisaran harga Rp. 12.450.000,-. Layarnya yang luas dan terlihat lebih menarik.

Gambar : www.samsung.com

  • Casing

Casing berfungsi untuk melindungi komponen-komponen luar komputer. Casing yang sama pilih adalah Cooler Master Cosmos C700P (CMCHMDTWR043) dengan kisaran harga Rp. 4.835.000,- dengan tampilan yang begitu aman dan unik. Menjadi tidak bosan.

Gambar : coolermaster.com

  • Speaker

Ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan melalui audio, maka dari itu speaker juga perlu kita perhatikan demi keberlangsungan aktivitas penggunaan komputer kita.

Speaker yang saya pilih adalah speaker dari Edifier S730 (300w RMS) dengan harga berkisar pada Rp. 7.330.000,-

Gambar : www.edifier.com

  • Keyboard

Fungsi Keyboard : sebagai perangkat input komputer dimana keyboard berisi susunan huruf, angka, dan fungsi kontrol yang lain.

Keyboar yang saya pilih adalah Cooler Master Masterkey PRO S White LED dengan harga Rp. 1.252.000,-.

Gambar : www.coolermaster.com

  • Mouse

Fungsi mouse sebagai alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer dan juga sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor. Mouse dihubungkan ke komputer bisa melalui Wireles atau kabel.

Mouse yang saya pilih adalah LOGITECH M325 Wireless dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 250.000., saja.

Gambar ; www.logitech.com

                Nah itu lah teman-teman rakitan komputer idaman saya, kalau dihitung perkiraan harganya mencapai Rp. 83.222.000 walaupun harganya tinggi tidak jadi masalah karena itu merupakan komputer idaman impian saya. Dimana nanti akan membantu saya mempermudah tugas dan bermain game.

Print Friendly, PDF & Email